Posted By Elbinshah
4 Jenis Kelinci Yang Banyak di Minati Oleh Masyarakat & Peternak Kelinci

Umumnya jika ingin memiliki hewan peliharaan orang akan memelihara kucing atau anjing. Namun ternyata banyak juga yang hobi memelihara kelinci sebagai hewan peliharaan, kelinci sendiri ada yang masuk kategori sebagai kelinci potong untuk dikonsumsi dan ada juga yang hanya sebagai kelinci hias.

Bahkan jenis-jenis kelinci yang ada di seluruh dunia ini tidak kalah lucunya dengan kucing anggora atau kucing persia. Kelinci-kelinci ini memiliki bulu yang indah dan warna-warni yang menarik, tidak kalah juga tingkahnya yang menggemaskan.

Berikut ini adalah jenis-jenis kelinci Hias dan Kelinci Pedaging.

1. Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant ini berasal dari negara belgia, bentuk tubuhnya yang besar membuat orang-orang memeliharanya untuk diambil daging dan kulitnya karena selain dagingnya yang memiliki cita rasa tersendiri, kulit dan bulunya juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian.

Kelinci Flemish giant sendiri memiliki ciri fisik yang cukup besar dengan panjang bisa mencapai 15 centimeter dan bobot tubuh bisa mencapai hingga 15 kilogram membuat kelinci jenis ini menjadi favorit dikalangan para peternak kelinci.

2. Kelinci Netherland Dwarf

Untuk jenis kelinci yang satu ini masuk dalam kategori¬†kelinci hias¬†ya kali dari namanya saja sudah bisa ditebak “Belanda Kerdil” artinya kelincinya kecil dan mungil tidak seperti flemish giant yang banyak dagingnya.

Menurut berbagai sumber kelinci Netherland Dwarf ini dulunya dibawa ke Indonesia oleh Bangsa beanda dan di ternakan di perkebunan kolonial. Hingga kini penyebaran kelinci jenis ini cukup merata di Nusantara.

3. Kelinci Angora

Bukan hanya kucing saja yang memiliki jenis Angora, Kelinci pun juga ada yang berjenis Angora. Seperti juga kucing, kelinci jenis Angora ini juga diperlakukan special sebagai hewan peliharaan, kelinci ini memiliki bulu-bulu yang tebal dan halus sehingga nyamn sekali untuk di elus-elus.

Kelinci jenis Angora ini ada beragam dari yang peranakan Flemish Giant, Angora peranakan Satin, Angora Jerman, Angora Inggris, dan Angora Perancis. Untuk yang ukuran tubuhnya paling kecil adalah angora inggris dimana rata-rata hanya 2,3kg saat dewasa. Sedang yang paling besar adalah Angora peranakan Flemish Giant yang bisa mencapai bobot 5,5kg saat dewasa.

4. Kelinci New Zealand White

Kelinci New Zealand White adalah salah satu tipe pedaging selain Flemish Giant, meski begitu sebenarnya kelinci ini masih keturunan dari Flemish Giant. Kelinci New Zealand White ini juga bukan asli dari New Zealand melainkan Kelinci dari Amerika hasil perseilangan dengan Flemish Giant itulah sebebnya kelinci ini menjadi tipe pedaging meski besar tubuhnya tidak sebesar Flemish Giant.

Kelinci ini memiliki ciri bulu berwarna putih dan mata berwarna merah persis seperti kelinci dari jawa. Sedangkan untuk masa hidupnya bisa sampai 10 tahun dengan berat hingga 5,5 kg, untuk sekali berkembang biak kelinci ini mampu melahirkan 10 hingga 12 anak kelinci

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *